Monday, February 23, 2015

Handguard

Saya putuskan untuk memasang handguard pada Suzuki Address, dengan tujuan sebagai pengaman handle rem. Karena pengalaman dengan Kymco SR yang beberapa kali jatuh, handle rem menjadi bengkok, repot nya lagi, parts Kymco sangat sulit dilacak. Dari sinilah saya putuskan untuk memasang Handguard.

Selain itu handguard ini saya pikir juga akan berguna untuk membuat pengendara lain menjaga jarak setelah melihat saya memakai parts ini. Jadi faktor safety pun seharusnya menjadi lebih baik.

Ada 2 model handguard:

  1. Full hand
  2. Half hand
Full hand biasanya dipakai oleh para crosser. Tingkat safety dari hand guard ini ada di level maksimum, karena mampu menutup seluruh permukaan kepalan tangan.

Saya memilih Half hand, atau yang biasanya kita lihat di MotoGP hanya berupa tuas panjang saja. Karena sangat tidak mungkin memasang Handguard Full hand, kecuali merombak bagian kepala.

Bahan pembuatnya pun dibagi menjadi 2, yaitu
1. Full CNC
2. Half CNC (1/2 plastik)

Saya pilih Full CNC, karena lebih kuat jika resiko jatuh atau bersenggolan. Kelemahan dari Handguard variasi ini adalah berat nya yang tidak setara dengan bandul setang original, sehingga setang akan lebih beresiko bergetar.

Problem terjadi ketika saya akan memasang handguard ini, yaitu baut yang digunakan berukuran 50x8mm, sedangkan baut aslinya adalah berukuran 40x6mm. Sehingga mau tidak mau saya harus membeli baut seukuran aslinya.

Baut asli adalah jenis baut flat hitam, sehingga kurang cocok dengan warna handguard, jadi saya pilih baut Allen yang seukuran baut aslinya.

Pemasangan handguard ini cukup simple, yaitu:
  1. Buka baut asli dengan Palu dan Impact bit Plus (+)
  2. Lepas baut dan bandul setang original.
  3. Pasang Handguard dan baut Allen.
  4. Setel dan kencangkan dengan kunci Allen ukuran 5mm.
Berikut adalah foto sebelum pemasangan Handguard


Setelah pemasangan Handguard akan tampak seperti ini



No comments:

Post a Comment